"RUMAH"



Foto diambil dari anawalls

Bagiku sekarang, rumah adalah tempat dimana aku bisa merasa nyaman. Dimana kenyamanan itu ada, di situ aku akan pulang ke “rumah”.


Terlalu sering melihat cerita/foto traveling orang lain, membuatku juga ingin melakukannya. Aku selalu berkeinginan untuk menjelajah Indonesia ataupun negeri lain sebelum aku berumah tangga. Nyatanya, keinginan itu tak juga tercapai sampai akhirnya aku menikah. Mungkin dengan menikah, inilah gerbang untukku mewujudkannya. Suamiku bekerja nomaden. Sekitar tiga bulan sekali atau lebih, ia pindah lokasi kerja. Dari Pulau Jawa sampai luar pulau. Tiga hari setelah menikah, aku diboyong ke pulau terpencil di Kalimantan Utara, yakni di Tarakan. Walaupun terpencil, kota ini cukup disebut kota. Ramai.

Ah, tak menyangka akhirnya aku bisa pergi ke luar pulau.

Dari dulu aku tak pernah merantau jauh. Hanya sekitaran Jawa Tengah. Untuk kali ini, kurasa terlalu jauh. Seringkali aku merindukan rumah dengan segala kesahajaannya. Namun, hidupku kini sudah berubah. Tak seharusnya aku bersikap manja dan selalu merengek-rengek untuk minta pulang. Rindukan bermanja-manja dengan orangtua dan saudara-saudaraku. Tujuan hidupku sekarang adalah membuat masa depan. Tak apa jauh dari mereka. Asal mereka selalu dalam keadaan sehat.

Dua bulan berada di sini, sudah tiga kali aku berpindah tempat tinggal. Pun, di sini hanya beberapa bulan. Aku harus bersiap-siap jika lain waktu harus dipindah ke lain tempat. Tak hanya itu. Sekarang memang telah merubahku. Tak hanya di Banjarnegara tempatku pulang, tapi juga Bandung kota kelahiran suamiku.

“Rumah”, mungkin aku merindukannya. Tapi untukku sekarang, rumah tak lagi hanya kota kelahiran ataupun kota dimana ada saudara-saudara kandung berada. Rumah bagiku adalah tempat dimana aku bisa merasa nyaman. Dimana kenyamanan itu ada, di situ aku akan pulang ke “rumah”.


No comments: