Toga untuk Ayah dan Ibu

 
Maafkan aku, Ayah..
Maafkan aku, Ibu..
Aku tak bisa menepati janjiku untuk memakai toga tepat di tahun ke-empat setelah aku jauh dari kalian. Dan lagi aku masih harus merepotkan kalian.
Tanpa Ayah dan Ibu, aku tidak bisa sampai sekarang ini
Kalian selalu memberiku semua yang kalian bisa tanpa aku tahu apakah aku bisa membalasnya atau tidak

Ayah, Ibu..
Aku hanya bisa berdoa, semoga Allah selalu menjaga kalian, memudahkan setiap langkah yang kalian pijak
Maafkan anakmu yang tidak bisa berprestasi seperti anak-anak lain
Anakmu yang belum bisa berjalan sendiri tanpa kalian

Di tahun 2015 ini, insya Allah topi itu akan aku pakai
Aku ingin menunjukkannya pada kalian
Aku ingin Ayah dan Ibu lihat nilai yang kudapat, semoga tidak mengecewakan kalian
Aku ingin Ayah dan Ibu lihat, inilah perjuangan kalian menyekolahkanku selama ini
Peluh dan doa kalian selama ini sudah dikabulkan

Tapi maaf, kalau aku belum bisa menjadi pintar
Maaf, jika seandainya aku masih belum bisa menjadi seperti apa yang kalian ingin
Maaf, bila membuat kalian bersusah payah selama ini

Ayah, Ibu..
Toga yang akan kupakai nanti, sebetulnya hanyalah sebuah simbol
Arti sebenarnya tidak bisa diukur hanya dengan toga atau nilai tinggi
Pengalaman selama 4.5 inilah yang mampu mengubahku sedikit lebih dewasa
Mengubah pola pikir kekanak-kanakanku

Ayah, Ibu..
Beberapa bulan lagi. Tunggulah waktu itu datang

No comments: