Ibu Rumah Tangga Itu Hebat



Kerja itu nggak hanya dengan menjadi guru, wiraswasta, direktur, pilot, jaksa atau sejenis pekerjaan lainnya yang membutuhkan waktu diluar rumah untuk bisa disebut bekerja. Mungkin ada yang melewatkan bahwa seorang ibu rumah tangga itu juga termasuk jenis pekerjaan. Menjadi ibu rumah tangga justru lebih sulit dari yang kita bayangkan. Lo dituntut cepat, selesai, dan beres. Padahal pekerjaan rumah itu nggak sedikit bro. Apa lagi yang udah punya suami dan anak. Anaknya misalkan aja 2. Masih kecil-kecil pula. Pagi-pagi lo harus bangun pagi buat nyiapin sarapan buat mereka. Sewaktu masak belum kelar, anak yang masih bayi bangun, nangis. Udah gitu yang satunya manggil-manggil minta diambilin baju lah, tas, kaos kaki. Mau berangkat sekolah. Bapaknya juga buru-buru mau pergi ke kerja. Aaaaaakkk.

Gue punya pengalaman juga mengenai ini. Kejadian ini belum lama. Yaitu tadi siang. Oh ya, ceritanya bulan sekarang ini lagi bulan ramadhan. Gue cuma ditinggal ibuk dari jam 12.30 – 16.30 doang. Bapak gue dan adik gue tidur siang. Mbak gue kerja. Pertanyaannya kalo bukan gue yang nyiapin bebukaan puasa siapa lagi. Gue bingung harus mulai dari mana dulu. Soalnya kebiasaan kalo lagi puasa gini banyak request makanan. Bapak minta ini, adik ini, mbak gue itu. Behh.. 

Akhirnya gue mulai dari masak nasi. Sebenarnya bapak gue nggak suka makan nasi yang masaknya dari magic com. Kurang enak katanya. Tapi gue nggak bisa masak nasi lewat panci. Berkali-kali yang ada gosong doang. Karna ini masalah darurat, akhirnya gue masak di magic com aja. Lumayan kan menyingkat waktu untuk meracik yang lain. Gue masak ngebut aja. Kasih ini itu. Akhirnya berkat kerja keras, 2 masakan gue kelar. Walaupun masakan yang satu sedikit gagal karna sebuah kesalahan prosedur dalam memasak. Wahhh mulai kecewa. Udah gitu gue lanjut goreng-goreng. Paling males ngegoreng ikan itu kalau wajan yang dipake udah lengket. Bikin emosi level 10 tau. Oke oke, gue sabar-sabarin. Akhirnya ngegoreng pun rampung. Lanjut lagi gue ke masakan ke 3. Baru proses masaknya doang ini. Belum yang lain-lain, bikin makanan kecil semacem es atau kolak gitu. Akhirnya ibu gue pulang juga. Seneng banget rasanya. Gue tertolong.

Sebelum itu, paginya gue udah mirip banget pembantu deh. Gue nyapu seluruh rumah yang panjangnya dari A-Z sono udah gitu + bersihin kaca. Kelar, gue lanjut nyuci. Rampung tu cucian, gue lanjut beberes kamar adik gue yang mirip kandang. Hari ini cuaca emang jelek banget. Bentar-bentar panas, bentar-bentar hujan, bentar-bentar mendung. Berapa kali udah gue ngegotong keluar masuk cucian. Hujan gue angkatin. Eh ternyata hujan cuma sebentar doang. Ehh panas lagi. Oke gue keluarin lagi, gue tata sau persatu lagi. Baru ditinggal masuk paling 60. Ehh udah kelabu gitu. Yahhh ujan lagi deh. Terpaksa gue angkutin masuk lagi kedalem. Gitu terus. Rese banget si ini. Minta main-main ini cuaca.

Waktu ibu gue pulang, dia kan masih capek. Ya gue masih ikut bantu-bantu sebentar. Tapi sebentarnya aja sampai magrib tiba. Kaki gue gempor. Ini lutut gue kaya mau copot. 

Ini baru kaya gini lo ya. Belum yang eksrim banget. Gue nggak bisa bayangin ibuk gue tiap hari harus kerja ngurusin kami yang berjumlah 4 orang. Udah gitu masih juga ibuk gue masih nyempetin kesawah buat ngasih pakan ikan, kadang juga ke kebun atau juga ibuk gue harus ngurusin orang-orang yang kerja disawah buat ngirim makanan. Kadang sampai 10 orang. Ibuk gue ngerjain itu sendirian. Paling mbak gue cuma bantu dikit karna dia juga kerja masuk pagi. Sedangkan gue misalnya aja lagi nggak dirumah.

Seorang ibuk rumah tangga itu ngurus keluarga dari pagi sampe malem, setiap hari dan terus berlanjut. Dari bangun tidur sampai mau tidur lagi. Bukan kah itu lebih berat dari pada pekerjaan seorang guru yang hanya mengajar dari pukul 7.00-13.00?? Seorang guru pun bila tak mempunyai pembantu bakal sama nasibnya. Habis ngajar, beliau juga akan menurusi rumahnya. Allohu akbar. 

Tanpa kehadiran ibuk gue bisa apa?? Ibuk gue jaramg ngeluh walaupun dia sebenarnya lelah. Gue aja yang dirumah hampir sebulan aja udah bosen banget ngerjain ginian. Tapi jadi ibu rumah tangga nggak hanya 2,3 aja. Tapi tetep belanjut. Gue salut sama ibuk gue. Dan ternyata jadi ibuk rumah tangga adalah pekerjaan yang sangat berat. Jadi jangan sekali-kali lo nyepelein hasil kerja ibuk-ibuk kita dirumah. Beliau lelah, beliau butuh istirahat, beliau butuh perhatian. Apalagi sampai memarahinya. Astagfirullahal’adzim…jangan..

Mungkin kalo anak-anak gue nanti marahin gue, gue bakal mogok kerja kali ya. Tapi ibuk gue nggak gitu. Mau capek, mau marah, mau bosen, jenuh tetep aja ngejalanin dengan sabar. Yang kuat ya buk :’)
I love you mom…