MASALALU




“Gue suka pantai yang biru, gue suka rumput yang hijau, gue suka awan yang putih, gue suka kerlap-kerlip lampu jalanan, dan gue suka kenangan yang indah.”
 
Bersyukur itu selalu. Wajib malah. Setiap hari maupun setiap saat. Gue sangat bersyukur atas anugerah sekarang ini. Jadi keinget masalalu. Gue sangat rindu. Masalalu yang penuh kepolosan, kesederhanaan, dan gue belum mengenal dunia luar. Yaa, gue terlahir di sebuah desa disuatu kabupaten kecil. Bisa dibayangin dong kayak apa keadaannya.

Sewaktu kecil, hidup gue damaiii bgt. Walaupun bapak gue dulu nggak punya banyak uang, walaupun hidup dirumah kecil sederhana, walaupun gue harus jalan kaki kemana-mana karna belum punya kendaraan. Bahkan sepeda aja belum punya. Gue inget banget, waktu pertama kali bapak gue beli TV. Gue inget waktu bapak gue pulang ujan-ujanan bawa sepeda baru. Gue inget baju bergambar strawberry kesukaan gue. Gue inget waktu gue sama kakak gue jatuh ke tempat pembuangan kotoran sewaktu mungutin cengkih. Gue inget setiap kali ke rumah nenek, gue naik delman serta selalu beli es monny dan jajanan tiniwinibiti. Gue inget sewaktu kecil gue sukanya main mobil-mobilan sama anak-anak cowok dan gue nggak suka main boneka. Gue inget sewaktu dijemput bapak pulang dari tempat nenek malem-malem, gue bakal mantengin lampu-lampu malam yang sangat cantik. Gue inget waktu main perahu-perahuan waktu hujan, lari-lari dan akhirnya gue jatuh terpelset. Gue inget ketika bermain-main disawah dan kepala gue nancep dilumpur. Gue inget ketika gue mukul temen gue karna sebuah mainan pistol air. Gue inget ketika dikejar-kejar imbig (kesenian budaya banjarnegara) yang akhirnya sampe sekarang gue trauma buat ngeliat lagi. Gue inget sewaktu diajak ibu gue mungutin kayu bakar ditepian sungai serayu. Gue inget sewaktu kecil gue suka banget nanem bunga. Gue inget sewaktu kecil gue sering nangis denger suara mesin pemotong kayu dan suara selipan beras. Gue takut banget. Gue inget kaset pertama yang gue beli waktu kecil (kaset Sherina). Gue inget jajanan mie krip-krip. Tapi sekarang susah banget dicari. Gue juga inget sewaktu ditanyain ibu guru mengenai cita-cita, yang gue jawab pengen jadi astronot. Gue hampir inget semuanya. Dan rasanya gue pengen ngulang masa-masa itu. Masa dimana hari-hari dilalui dengan suka cita dan tak pernah ada kebosanan. Indah banget.

Sekarang semuanya serba canggih. Serba mesin elektronik. Gue bosen. Kata temen gue, di Bandung ada suku yang kampungnya itu emang bener-bener nggak mau kemasukan barang-barang canggih kek jaman sekarang ini. Gue lupa nama sukunya. Katanya si, orang luar boleh berkunjung kesitu. Tapi, barang-barang elektronik nggak boleh masuk ke dalem. Pasti masih asri banget ya pemirsa. 

Terkadang gue lebih suka jalan ke kampus. Selain karna jaraknya deket, gue rasa asyik aja gitu. Apalagi ketika momen-momen tertentu tiba. Gue paling seneng ketika momen sore yang cerah dan berangin. Rasanya pengen jarak kampus – kos itu dijauhin dikit. Baru menikmati jalan sore gue, eh udah sampe kosan aja. Gue juga suka duduk didepan kamar kos gue yang berada dilantai dua sambil nikmatin lampu malam, bermesraan bersama gitar, serta mengukir kenangan. Gue suka mencurahkan kegalauan gue bersama malam, boneka-boneka gue, buku catatan harian gue. Yang paling parah dari tingkat kegalauan gue adalah bantal gue. Kasian dia, sering gue banjirin air mata. Tapi tenang broh, gue pake tissue kok buat ngelap ingusnya. Hahahaha… Pokoknya dinding kamar gue jadi saksi bisu dah atas ketidakwarasan gue (Sheila On 7 – Ketidakwarasan Padaku). 

Yang paling gokil, gue selalu coba menghemat pengeluaran uang bulanan gue yang dikasih orang tua. Ya, gue masih nerima duit terus dari beliau. Cara penghematann gue yaitu pada bagian makan. Tapi sementara duit makan gue hemat-hematin, ehh bagian yang lain malah ngorot. Ahhh apes dah. Mending gue makan kenyang aja kalo gitu.

Gue ajak flashback lagi broh..
Dari cerita masalalu anak TK sekarang akan gue ajak mengenang masa SD gue. Setiap kali mendengar atau membaca kata “SD” gue selalu teringat peristiwa-peristiwa gue disekolah. Sumpah masa-masa SD gue tragis banget. Udah kaya sinetron. Drama deh pokoknya. Dih gue benci banget. Kelas 1 gue sekolah di sekolah madrasah gitu. Menjelang kelas 2 gue pindah sekolah ke SD. Karna kakak gue pindah jadi gue nggak mau ditinggal. Awal kepindahan gue, semuanya terlihat sangat baik. Selama kelas 2 semuanya baik-baik deh. Nah semenjak kelas 3 gitu…. 

Temen kelas gue mulai ada yang sok berkuasa. Cowok pun kalah. Jadi kalau nggak mau ngikutin temen gue ini (sebut aja mak lampir) atau nggak mau nurutin bakal di jauhin. Ada 2 kubu jadinya. Kubu A dan kubu B. Kubu A itu isinya hanya 3 anak cowok yang emang nggak nurut, sisanya dari 3 orang itu nurut semua guys. *nangis jungkir balik*

Dan parahnya nggak ada yang berani ngelawan. Soalnya dia punya kakak yang nakaaaaal banget kaya preman di kelas atas. Selama SD gue menderita banget. Makanya gue kurus tahunan gini kali ya. Ckckckc. Sumpah gue nggak tahan banget. Pengen pindah sekolah tapi nggak punya alasan yang keren. Makin lama makin parah aja. Semenjak kelas 5 mak lampir udah berani main tangan. Gilaaa masih kecil aja udah berani nyiksa gitu.

Dan pernah suatu ketika kita terlibat perselisihan sama SD seberang. Iyaa, mak lampir dan pasukannya kecuali gue. Gue nggak ikut. Karna rumah gue deket sama SD yang mau diserbu itu. Dan temen yang bermasalah itu adalah temen main gue dirumah. Jadi gue milih untuk nggak ikut. Tapi nggak sampai terjadi perang bro. Karna udah dihadang dulu sama penjaga sekolah itu. Mak lampir dan pasukannya kabur duluan. Hahahaa kawus. Dimasa-masa SD, kenangan yang paling berbekas cuma itu. Hmmm kasian sekali nasib gue dulu *nyungseb bantal*

Setelah dinyatakan gue lulus, hati gue girang banget. Akhirnya gue bebas dari penderitaan. Tapi nasib gue masih apes. Gue satu kelas lagi sama mak lampir. Tapi untungnya si mak lampir udah nggak berani menindas lagi. Dan gue pun punya temen main baru dikelas yang tentunya nggak kek dia. Namun seiring waktu berjalan, sampai sekarang kita masih berteman. Dia udah nggak kaya dulu lagi. Udah tua si, malu lah. Iya lah, kalo sekarang masih kek gitu mah gue udah berani ngelawan. Kalo dulu belum :D

SMP berlalu, SMA. Gue udah SMA guys. Kalo orang bilang, masa-masa SMA adalah yang paling indah. Bener. Hidup gue di SMA damai, tentram, dan sejahtera banget. Ngomongin SMA nggak seru kalo nggak ngomongin CINTA. Gue jadi inget, gue pernah suka sama kakak kelas gue dari hari pertama masuk. Waktu itu masih acara MOS. Gue diospekin sama kakak itu. 4 tahun lebih guys gue suka sama kakak itu. Dulu gue masih malu kalo orang lain tau gue menyukai seseorang. Gue pun punya kisah-kisah bareng dia selama lebih dari 4 tahun itu. Tapi perasaan suka itu akhirnya harus gue relain tertiup angin. Fyuuuh. Biarlah buku deary itu jadi kenangan buat gue. Cerita gue nggak sepedas itu kok guys. Itu hanya bagian cinta monyet saja. Untuk bagian persahabatan, hmm gue jadi rindu mereka. Gue rindu temen-temen gue :’) .Gita Mayura Cendani. Itu sahabat terdekat gue sampai sekarang.

Gue inget di ajar sama bu SMS yang sering kali ngatain siswanya ‘saliwang’.Gue kangen diajar pak unsur yang selalu bikin ngakak kalo ngajar walaupun mata pelajaran yang diajarkan harusnya serius. Gue inget ketika pak gun yang sedang mengajar zat-zat kimia dan beliau mengatakan “warna klawu atau blurik”. Serentak seisi kelas mendadak heboh. Gue inget pak parmono yang selalu menindas kami dengan rumus-rumus fisika yang rumit. Dan pak kardi guru agama yang kalau ngajar. Hmmmmmm ganjennya minta ampun sama cewek. Ahhh aku rindu semuanya.

Selanjutnya masa-masa kuliah. Karna kuliah gue belum kelar. Jadi gue perlu ngerampungin dulu cerita gue di masa ini dulu baru gue share. Hahaha.. gue pengen cepet-cepet pakai toga. Gue pengen kejar mimpi-mimpi gue selanjutnya. Bye-bye….

1 comment:

Omsasak said...

masa lalu yang penuh dengan kenangan... :D