DREAM CATCHER (Alat Penangkap Mimpi)

      

Dream Catcher atau lebih dikenal dengan alat penangkap mimpi merupakan tradisi yang berasal dari penduduk pribumi Amerika yaitu suku Indian. Dream catcher berbentuk lingkaran terbuat dari kayu yang di dalam lingkaran tersebut terdapat jaring anyaman seperti jaring laba-laba. Dibagian tepi lingkaran tersebut biasa digantung 2-3 bulu. Dream catceher menjadi symbol untuk menjaga setiap tidur seseorang dari mimpi buruk bila menggantungkannya. Dream catcer akan menjaring mimpi-mimpi buruk dan membiarkan mimpi-mimpi baik lewat ke dalam orang tersebut.
Penangkap mimpi memiliki delapan titik tempat jaring menempel. Hal ini melambangkan kaki laba-laba yang berjumlah delapan. Dalam kebudayaan Indian, penangkap mimpi ini biasa digantungkan di atas tempat tidur bayi supaya bayi tersebut terlindung dari mimpi buruk atau angin jahat (energi buruk). Legenda mengenai penangkap mimpi mulai dipopuler oleh orang-orang barat dan biasa ditemukan di toko-toko souvenir.

Itu hanya sebuah legenda yang dilestarikan secara turun menurun. Dilihat dari segi estetika, penangkap mimpi jauh lebih unik. Ada banyak legenda di balik keindahannya. Ya, kurasa terlalu indah dilihat bila ia harus tertiup angin. 

No comments: