(14th) Adik Gue

Ini mengenai adik gue. Adik gue yang super manja, bandel dan penurut. Dari kecil adik gue memang terbiasa dimanja. Maklum, dia anak lelaki sendiri dirumah. Gue punya seorang kakak perempuan dan seorang adik laki-laki.  Adik gue bernama Muhammad Nur Aziz, lahir Juni 2001. Dia lahir ketika ketika peringatan Maulid Nabi. Dari bayi aja bandelnya udah keliatan. Terbukti dia suka nangis dan tangisannya itu bikin kuping satu RT sakit kali ya saking kerasnya. Pernah tengah malem waktu umurnya masih 2 tahunan, tiba-tiba kebangun kaget dan nangis triak-triak kencengnya minta ampun. Alhasil orang serumah kebangun semua. Tetangga gue juga sampe ikut kebangun -____-. Untung aja waktu itu bapak gue lagi di rumah. Kata sesepuh mungkin ada gangguan dari mahluk halus gitu. Terus katanya diobatin sama pelepah pisang…..(aahh lupa gue. Tapi bukan pelepah daun pisang biasa). Jadi tengah malem bapak gue berpetualang di kebun buat nyari daun pisang yang dimaksud itu. Beranjak usia 4 tahun sampai umur 11an. Gila makin parah aje, bikin gue nggak betah dirumah. Makanya itu Jogja menjadi tempat pengungsianku. Hhehe.


Gue kurus tahunan gegara ini kali ya. Gue aja sering jadi sasaran amukan dia. Kalau lagi di rumah, hobi gue berantem sama dia. Ehh nggak hanya gue si, semua orang di rumah juga kecuali bapak gue. Nggak berani dia. Selama dia bersekolah 6 tahun di SD dan hampir selama itu juga kehidupan pagi di rumah gue hampir kacau balau. Kesiangan dikit buat ngebangunin dia, adik gue bakalan ngambek abis-abisan dan nggak mau pergi ke sekolah. Ngambeknya pake nangis triak-triak pula. Kalau minta apapun harus langsung diturutin. Kalau enggak, yah begitulah. Gue bakal tutup kuping terus mengurung diri aja di kamar -___-.
Jam 5 atau paling siangnya jam setengah 6,air anget udah harus tersedia di kamar mandi. Karna jam 6 dia bakal udah berangkat. Padahal sekolahnya aja deket. 10 menit jalan, nyampe dah. Dia juga malesnya minta ampun buat natain bukunya. Jadi gue, kakak dan ibu gue gantian ngejadwalin pelajaran adik gue setiap hari. Kalo dia lagi bahagia, ya kadang dia ngejadwal sendiri. Kadang lho ya. Tapi yang bikin gue mau ketawa ngakak, seringnya sekitar jam 7 pagi dia bakal pulang lagi ke rumah. Karena di sekolahnya nggak ada WC terpaksa dia pulang. Tapi itu adalah cerita dulu. Lain lagi cerita sekarang.

Akhir-akhir ini semenjak adik gue masuk SMP, sepertinya cerita itu berubah. Sekarang adik gue makin nurut dan makin rajin. Sepertinya dia sudah mulai melupakan kiat-kiatnya semasa SD kemarin. Kalau disuruh untuk apapun terutama disuruh ibu, dia bakal langsung berangkat. Kalau dinasehatin, dia juga bakal ngedengerin terus ngelaksanain nasehat itu. Apalagi bulan ramadhan ini. Mungkin inilah yang dikatakan berkah atau hidayah bulan ramadhan. Keknya adik gue makin sayang sama ibu. Terbukti kalau ibu lagi masak atau beberes sendirian di dapur adik gue bakal bilang “Mbak, temenenin ibu sana dibelakang?” atau dia sendiri yang bakal nemenin atau ngebantuan ibu yang sedang dibelakang.

Pernah suatu pagi, seperti biasa setelah subuhan di mushola, gue, adik sama kakak gue tidur-tiduran di depan tv. Dan tontonan jam-jam segitu biasanya adalah tayangan yang memberikan tausiah-tausiah gitu. Yang kita tonton waktu itu adalah Khasanah. Topik yang diangkat pagi itu mengingatkan kepada kita untuk tidak durhaka terhadap ibu, termasuk membentak ataupun berkata kasar. Spontan adik gue ngomong ke gue “Mbak, aku mau minta maaf sama ibu ah karna dulu pernah ngebentak dan ngomong kasar” (Inget juga dia masalalunya. Batin gue). Kala itu ibu gue sedang beberes di belakang. Belum gue jawab apa-apa karena terbengong, adik gue udah nyelonong ke belakang untuk meminta maaf sama ibu. Gue bener-bener kaget bercampur. Seorang anak berumur 12 tahun aja bisa berfikir seperti itu kok gue yang umurnya hampir 2 kali umur dia aja belum tentu bisa kek gitu. Gue bener-bener salut. Semenjak itu dan bahkan sampai sekarang, adik gue nurut banget sama ibu gue. Sampe-sampe kalo si bapak lagi marah sama ibu, adik gue bakal ngebela ibu dan balik marahin bapak.

Gue ingetin juga ke adik gue, sama bapak pun kita nggak boleh durhaka. Intinya seburuk apapapun orang tua, kita nggak boleh durhaka ke keduanya. Adik gue pun nurut di nasehatin kek gitu. Sekarang mulai nurut juga ke bapak gue. Diiih seneng banget punya adik kek gitu. Dia nggak cuma sebatas adik tapi juga temen buat gue. Kalo gue lagi ada perlu diluar, gue bakal ngajakin adik gue buat minta ditemenin. Tapi nggak setiap kali diajak mau juga si. Hhehew..


Itulah sekilas cerita tentang adik gue (^^,) 

1 comment:

Anonymous said...

asyik tetep jadi kakak yang baik ya Ummu.. :D