(22nd) Sampah

Salah satu pokok permasalahan untuk Ibu Kota ataupun kota-kota besar lainnya adalah sampah. Perhatian para petinggi negara sudah tidak kurang-kurangnya lagi berfokus pada permasalahan ini yang tidak kunjung menemui titik terang.

Berbagai solusi sudah diturunkan oleh pemerintah untuk mengurangi peledakan volume sampah. Mulai dari pengangkutan sampah oleh truk-truk sampah yang berkeliling, penyediaan tempat-tempat sampah ditempat umum sampai pembersihan sampah pada air sungai.

Cara yang diambil pemerintah sudah maksimal, hanya saja permasalahan tersebut belum juga menemui solusinya. Haruskan pemerintah yang disalahkan atas ini?? Coba kita lihat pada perilaku masyarakatnya. Apakah masyarakat sudah benar dalam mengatasi sampah-sampah milik mereka? Sudahkan membuang sampah pada tempat-tempat yang disediakan?


Ketika banjir tiba, persoalan ini masih menjadi urusan masyarakat. Mau tidak mau, pemerintah harus turun tangan membantu. Antara masyarakat dan pemerintah seharusnya bekerja sama untuk saling menciptakan kota yang bersih. Untuk orang yang berpendidikan seharusnya malu bila membuang sampah tidak pada tempatnya. Itu seharusnya. Tapi masih banyak juga fakta di lapangan.

1 comment:

Anonymous said...

masalah klasik yang cukup abadi