I ♥ To Write (30 Days)


Menulis itu menyenangkan. Sangat menyenangkan. Menulis itu adalah ungkapan ekspresi diri. Melatih kemampuan otak untuk senantiasa berfikir dan berkembang. Brainstorming. Istilah kerennya si gitu. Kita dituntut untuk kreatif dalam mengembangkan suatu permasalahan sehingga mungkin dari permasalahan yang ada akan menimbulkan permasalahan yang baru lagi. Begitu seterusnya dengan ide-ide lain yang makin meluas.

Misal, kita diharuskan untuk menceritakan sebuah benda. Lilin. Kita akan mendeskripsikan sebuah lilin seluas mungkin.

Lilin adalah sebuah benda padat yang terbuat dari parrafin yang sanggup memberikan cahaya api. Api keluar dari sumbu yang berasa didalamnya. Kalau jaman dulu, bentuk lilin hanya berupa batangan atau kotak. Namun seiring perkembangan zaman, lilin sekarang mulai bervariasi bentuk, kegunaan dan harga. Ada lilin untuk penerangan biasa sebagai pengganti mati lampu, lilin ulang tahun yang bentuknya lucu serta beraneka ragam, dan lilin aroma terapi. Ada juga seorang seniman dari luar negeri yang menggunakan media lilin untuk membuat patung-patung yang mirip sekali dengan manusia. Dan blaa blaa…..

Itu hanya sedikit contoh. Kalian bisa meneruskan cerita diatas bahkan hingga satu buku lo. Hayooo sapa mau coba…

Dari kecil aku memang sudah suka menulis. Menulis surat contohnya. Dulu aku sering nulis surat buat temen sekelas ku. Padahal kami bertemu setiap hari. Tapi 2 atau 3 hari sekali kami sempatkan untuk berkirim surat. Kami bercerita mengenai hobi menggambar dan hobi-hobi yang lain. Bahkan sampai sekarang aku masih menyimpan surat dari sahabat SD dulu yang ditulis ketika bulan 2002. Nahh lo, kebayang nggak betapa usangnya surat itu sekarang. Tapi makin usang suatu benda, justru semakin berharga buat ku. Semua benda-benda kenangan ku ada di kotak harta karun ku.

Aku juga pernah mengikuti lomba mengarang + synopsis dan aku meraih juara 3. Ya walaupun masih ditingkat kecamatan. Hehehee. Kegemaran ku menulis, mulai aku latih lagi ketika menjelang SMA. Walaupun masih di tingkat buku diari. Ahhh gubraaak. Sewaktu SMA aku lebih suka menceritakan apapun lewat tulisan. Aku bebas mengungkapan semua rasa tanpa harus malu dan takut orang lain tau. Aku mau nangis, mau tertawa, marah. Mereka nggak ada yang tau. Maklmum, jamannya putih abu-abu adalah jaman-jaman kelabilan seoarang remaja. Biasa kegalauan urusan asmara salah satu. Idiiih. #Plaaak

Tapi nggak cuma itu kok guys. Aku punya sebuah buku diari yang isi dari awal sampai lembar terakhir cuma nyritain doi mulu. Diiiih tragis kali. Bahkan buku itu aku cantumin buat doi lho. Wewww siapa hayooo, mungkin ada salah satu dari kalian..

And then, semenjak kuliah aku mulai nulis lagi. Nulis apapun yang emang pengen aku tulis. Nggak cuma tentang kegalauan ku doang. Tapi semuanya. Aku mulai rajin nulis, nulis dan nulis. Untuk beberapa tulisan terpilih aku postingin diblog. Dan banyak yang masih tersimpan di dalam arsip-arsip memori leptop. Aku juga udah sempet nulis novel kira-kira 60% loading. Tapi aku berhenti. Inspirasiku hilaaaaaaaaang. Novel itu menceritakan kisah perjalanan ku sendiri dengan sedikit perubahan di alur ceritanya. Pake tambahan imajinasi juga. Hehehe.. Sayang sekali harus terhenti. Atau mungkin masih bisa diteruskan lain waktu. Ahhh gampang. 

Sekarang aku lagi mengalami musim liburan yang sangaaaaat panjang dan membosankan dirumah. Iya, selama 3 bulan. Bingung mau ngapain. Padahal ada project besar. Mulai September ada kegiatan Kerja Praktek (KP). Sebenarnya bisa aja si, liburan ini dicicil untuk ngerjain. Tapi sumpah malesnya na’udzubilah. Lagian proposal pengajuan belum di ACC. Paling ntaran setelah lebaran iseng-iseng nyoba bikin programnya aja dulu. Helooow ngomong-ngomong program. Ihhh benci banget sumpah ngeliat deretan koding. Bikin perut mules. Kepala muter-muter. Pengen muntah. Gue akuin, mungkin gue salah jurusan. Ahh bego banget ngomongin salah jurusan di semester tua gini -___-“

Yang pastinya aku bakal nyelesein sebaik dan semampu ku sampai aku berhasil di wisuda. Karena ini kewajiban. *hormat orang tua*

Akhir-akhir ini, aku lagi disibukin dengan urusan tulisan. Ya, aku mulai mengikuti beberapa kontes menulis. Aku tau aku sangat pemula dan masih banyak kesalahan. Mau menang alhamdulilah mau enggak, toh aku nggak bakal rugi. Aku bakal latihan menulis setiap hari. Entah 1-2 jam. Entah sebait ataupun beratus bahkan beribu kata bakal aku jalani.


Gue bakal nulis selama 30 hari kedepan. Ganbatte UMMU … (^^,) 

1 comment:

Omsasak said...

ok selama 30 hari juga aku akan menyimak tulisanmu..