(15th ) Setengah Perjalanan Menuju 30 Days To Write


Postingan ke 15. Tulisan ini adalah setengah dari perjalanan saya menuju “30 days to write” yang sudah dilakukan secara random. Apakah menulis itu susah?? Ternyata tidak. Hanya saja ada beberapa kendala yang menyulitkan. Pertama soal waktu. Iya, terkadang saya tidak sempat untuk menulis karna keterbatasan waktu. Dan ketika sempat, ada kalanya tak mendapat tema untuk dikembangkang ataupun sudah kelelahan setelah beraktivitas. Akhirnya pun mini notebook biru ini hanya digunakan untuk bermain-main.

Apa yang dikerjakan karena perasaan suka dan apa yang dilakukan dengan ikhlas itu akan membuat bahagia. Memang dari kegiatan ini saya tak mendapatkan royalty apapun. Namun setidaknya saya mendapatkan kebanggaan untuk diri sendiri. Ini adalah salah satu media pembelajaran untuk mencapai tujuan berikutnya.

Berikut beberapa situs atau media yang bisa menyalurkan hobi Anda untuk menulis, yang saya temukan selama mengikuti proses ini :
  1. www.shvoong.com : situs ini merupakan media untuk mempublikasikan tulisan Anda. Namun tidak dalan bentuk cerpen, puisi, ataupun tulisan bebas, tetapi berbentuk artikel. Artikel yang ditulis ini di merupakan rangkuman dari artikel yang sudah pernah anda baca. Bisa diambil dari sebuah majalah, koran, internet dan lain-lain. Tema yang digunakan pun ada banyak jenis. Dari mulai hobi, gaya hidup, teknologi, kesehatan, musik, dan masih banyak lainnya. Dan bagi Anda yang ingin menambahkan uang saku situs ini cocok sekali. Karena ada royalty dari setiap tulisan yang kita kirim kan. Menarik bukan?
  2. www.socialfronpage.com : situs ini merupakan akun social media semacam facebook dan twitter. Adapun kelebihan dari situs ini yaitu menyediakan info-info seputar perlombaan. Dari lomba menulis ataupun fotografi. Bagi anda yang ingin menge-share perlombaan, Anda bisa bekerja sama dengan situs ini.
  3. www.pedemunegeri.com : situs ini adalah situs untuk penampungan karya-karya anak bangsa yang memiliki semangat berkreativitas dan cinta Indonesia. Tak hanya kreativitas dalam bentuk tulisan, foto tapi juga dalam bentuk video. Berkreasilah sebagai pemuda-pemudi generasi bangsa ini. Situs ini juga menyediakan akun untuk kita bergabung. Tak hanya itu, tak jarang juga situs ini mengadakan sebuah perlombaan sebagai ajang untuk mengasah kemampuan para anggotanya.
  4. www.info-lomba.com : situs ini menyediakan seputar info lomba yang terupdate.
  5. www.pawarta-indonesia.com : ini merupakan situs organisasi untuk para citizen journalist yang disebut organisasi Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI). Merupakan satu-satunya lembaga citizen jurnalis resmi yang ada di Indonesia. Didedikasikan bagi siapa saja yang ingin menulis, dan menyampaikan informasi atau berita untuk dipublikasi di koran oline Kabar Indonesia, Halamnsatu Panyingkul dan baru-baru ini Kompas dan Republika memberi ruang bagi anggota PPWI. Jadi untuk para calon jurnalis, silahkan bergabung.
Bagi Anda yang tertarik, silahkan berkunjung dan bergabunglah. Selamat berkarya.

Dan selama selama hampir 2 bulan dari 3 bulan masa liburan kuliah, yang saya gunakan untuk melatih kemampuan untuk menulis. Menulis untuk mengisi blog pribadi saya ataupu mengikuti berbagaian kegiatan lomba menulis. Ada yang mengatakan “Menulis itu harus pede”. Itu lah yang menjadi motivasi selama ini.


Okey. Salam untuk para penulis seantero jagad (^^,)

1 comment:

Anonymous said...

tetap berkreasi dan sukses mbak ummu