(1st) Pendidikan Itu Penting


Ini hari pertama aku mengawali tulisan ku yang akan berlangsung selama 30 hari kedepan.
Bissmilah..
“Saat Berjalan, Aku Menemukan Cerita”

Begitulah aku menyebutnya seperti judul blog ini. Semacam catatan harian seputar perjalanan cerita hidup ku. Bisa juga kumpulan tulisan ini adalah suara-suara yang berasal dalam di otakku. Atau bahkan aku akan menuliskan sebuah mimpi-mimpi dalam imaji. Dan semacam suka atau ketidaksukaan. Mungkin suatu saat nanti, tulisan-tulisan ini akan membuatku kembali ingat apapun yang pernah aku jalani dan aku fikirkan. Aku melakukan ini, karena aku suka. Oke. Let’s do it (^^,)

~ // ~

Ada orang tua yang berusaha sekuat tenaga untuk nyekolahin anaknya tinggi-tinggi bagaimana pun caranya. Walaupun harus berhutang sekalipun atau dengan bekerja ekstra untuk mendapatkan tambahan uang. Berharap setelah anaknya lulus nanti, ia akan mendapatkan pekerjaan yang mapan. Ada yang menyekolahkan anaknya asal-asalan, asal sekolah dan yang penting enggak ngeluarin duit terlalu banyak. Katanya si, sekolah dimana saja sama. Memang sama, tapi kualitas akan tetap berbeda. Bisa dikata terlalu perhitungan terhadap anaknya sendiri. Ada pula orang tua yang mampu menyekolahkan anaknya sampai tinggi namun sama sekali tak memperdulikan bagaimana nasib dan keadaan pendidikan anaknya. Dalam hal keuangan alhamdulilah lancar, tapi dalam segi penambahan motivasi belajar sama sekali nothing. Dukungan dan motivasi dari keluarga lah yang paling penting. Itu baru segelintir contoh. Adapun masih banyak permasalahan lain yang muncul di sekitar realita. Rasanya nyesek banget ngedengernya.

Ataukah pemahaman mengenai ini hanya berlaku untuk mereka yang tinggal di pedesaan?? Ahhh nggak juga. Fakta lebih menyakitkan dari sebuah argumen-argumen yang beredar. Ataukah justru sebaliknya??

Pendidikan memegang peranan penting bagi tumbuh kembang kita. Terutama pendidikan sejak dini dari para orang tua. Yang namanya pendidikan itu nggak hanya seputar bangku sekolah saja. Tapi juga pendidikan untuk kita bisa belajar bagaimana menjalani kehidupan ini. Kehidupan di depan dengan jalan panjang, terjal, dan berliku. Memang di dunia ini itu nggak ada yang sempurna. Tetap saja ada kekurangannya. Aku sangat bersyukur bisa dilahirkan sebagai anak ayah dan ibuku. Berkat didikan mereka aku bisa semandiri ini sekarang.

Ngomongin soal kehidupan, sebenarnya kehidupan itu bisa kita lukis sendiri. Kita bisa melukis pelangi diatas rumah impian kita yang dikelilingi oleh taman bunga yang cantik misalnya. Atau kita menggambar seseorang dengan pakaian toga dengan sebuah piala kemenangan ditangan. Berbicara mengenai kehidupan jelas terlalu meluas untuk dibahas. Butuh seabad ku rasa untuk menuangkan semuanya ke dalam bentuk tulisan. Sekian.

2 comments:

Omsasak said...

wuih pembukaannya tentang tema pendidikan...kenapa gk nulis tentang asal usul terbentuknya blog tulisanummu.blogspot.com aj..??

hehe usul mbak...

Anonymous said...

Pendidikan memang penting. Tapi mulailah dari pendidikan agama.